Terkadang kita suka sulit dan bingung bagaimana membedakan antara jenis kucing ras Anggora dan Persia. Padahal secara bentuk fisik saja seharusnya kita bisa membedakan kedua jenis kucing yang bayak jadi hewan kesayangan manusia ini.

Kebanyakan dari kita mengenal “Angora” sebagai jenis kucing berbulu panjang, hal ini sebenarnya keliru karena jenis kucing ini jika diperhatikan tidak memiliki bulu yang panjang dan lebat pada badannya melainkan hanya pada ekornya saja. Menurut hasil googling kesalahan ini mulai terjadi sekitar 250 tahun lalu. Pada saat itu kucing-kucing berbulu panjang banyak terdapat di sekitar kota Angora (sejak tahun 1930 disebut Ankara, Turki) dan Persia (Daerah timur perbatasan turki, sejak 1935 disebut Iran).

Saat itu tidak ada perbedaan besar antara kucing yang hidup di Angora/Ankara dengan Persia/Iran. Sejalan dengan banyaknya pedagang eropa yang berbisnis di timur tengah, semakin banyak kucing asal turki dan persia yang di impor ke benua eropa. Ketika kontes kucing (cat show) mulai diadakan di inggris pada tahun 1870, kategori kucing berbulu panjang sangat populer. Sejak saat itulah sifat-sifat genetik persia dan angora mulai berkembang menjadi lebih murni dan spesifik.

Bentuk tubuh yang besar, tebal, kepala bulat dan badan cobby identik dengan kucing persia. Sementara angora lebih langsing, panjang, lentur & luwes serta kepala berbentuk lancipn (segitiga).
Baru pada tahun 1962 kucing angora masuk secara resmi ke Amerika. Angora pertama kali diakui dan didaftar pada tahun 1973 oleh CFA (Cat Fanciers Association).

Ciri & Bentuk Angora

angora

Kucing ras angora mempunyai ukuran badan sedang, dengan gaya berjalan lemah gemulai dan anggun. Badan panjang, langsing, dengan kaki dan ekor panjang. Ekor berbulu tebal dan mengembang seperti ekor musang.
Ketika masih kecil atau kitten kucing jenis ini hampir mirip dengan kucing lokal yang biasa kita lihat disekitaran kita. Hal ini dikarenakan bulunya yang tidak panjang dan relatif pendek. Namun jika diperhatikan seksama kita akan melihat perbedaan karena kucing jenis ini memiliki bentuk kepala seperti segi tiga, dengan telinga lebar dan hidung mancung.

Ciri & Bentuk Persia

persia

Kucing Persia merupakan kucing yang sangat cantik dan indah dengan bentuk tubuh yang besar, padat, kepala besar dan bulat, ditutupi lapisan bulu yang tebal. Kita tentu akan langsung bisa mengenali dan membedakan dengannya dengan jenis angora karena bulunya yang lebat. Kucing jenis ini mudah beradaptasi dengan berbagai macam tempat, suka bermain dan mudah untuk disayangi. Ekspresi wajah yang manis dengan sifat tenang bisa duduk dan tidur disatu tempat selama berjam-jam, tidak berisik serta bersuara lembut.

Kesimpulannya

Anggora : badan tegap, tinggi dan langsing; bulu hanya panjang disekitar leher, perut dan ekor; muka mancung seperti kucing lokal…

Persia : badan pendek dan besar; bulu panjang dseluruh tubuh; muka cenderung pesek