Tepat hari ini sudah 81 kali kita melewati yang disebut hari “Sumpah Pemuda”,, karena memang sudah 82 Tahun yang lalu deklarasi sekelompok pemuda untuk bersatu dan akhirnya menjadi tonggak lahirnya Negara yang bernama Indonesia…

Dan selama kurun waktu itu pula banyak pergerakan yang dimotori para pemuda menjadi “pengontrol” dan “pendobrak” kepemimpinan yang tidak sehat di Indonesia. Percaya atau tidak latar sejumlah gerakan itu adalah pada semangat perjuangan “Sumpah Pemuda”. Luar biasa bukan apa yang dikenal dengan “Sumpah Pemuda” itu?

Kalo dilihat dari dua kata yang membentuk kalimat singkat itu sudah pasti kita langsung bisa tahu bahwa inti pada kalimat “Sumpah Pemuda” ini adalah pada Pemudanya bukan pada kata sumpahnya….
Dan sekarang yang jadi pemikiran saya apakah semua Pemuda harus memiliki dan mewarisi semangat perjuangan itu?

Menurut saya jawabannya iya walau kadang tidak selamannya bisa terwujud dan diperlihatkan pada semua khalayak tapi setiap pemuda di Indonesia pasti punya semangat untuk itu dan sudah seharusnya kan begitu???

Kenapa begitu, menurut saya pemuda adalah fase dimana kita belum merasakan sebuah kemapanan dan kenyaman, karena percaya ato tidak teori singkat berikut banyak benarnya

“Kemapanan bisa melemahkan semangat perjuangan, karena pada setiap manusia terjadi tahapan peluruhan diri ketika fase mapan itu terjadi”

Jadi buat rekan-rekan Pemuda
“Bergeraklah wahai #pemuda tidak perlu jauh sampai berteriak lantang di jalanan tapi lakukan apa yang anda bisa untuk negri anda…”

Dan yang perlu kita ingat
“Perubahan itu sulit, tapi untuk berubah itu mudah karena berubah hanya dimulai dari diri kita”