Tidak ada yang spesial hari ini, tidak pula ada yang sesuatu yang menarik yang membuat tanganku kembali ingin menari diatas puluhan huruf dan angka diatas keyboard komputerku. Hanya saja rasanya ada yang kepengen aku tulisan sedikit hal yang membuat bulan Juli begitu terasa berbeda.

Bulan ketujuh dalam kalender 2012 ini bertepatan dengan 15 bulan aku terdampar ditempat yang sekarang diam dan tidak bergerak seperti seharusnya. Tidak ada ombak besar yang baru, tidak ada badai yang aku lalui setelah 15 bulan lalu dan tidak ada pulau baru yang menambah daftar nama di buku catatan perjalanan hidupku.

Kapal kecilku harus berlayar lebih jauh dari ini, kapalku harus kubawa mengarungi lagi lautan bebas agar bisa makin kuat menghadapi ombak dan badai. Dermaga ini terlalu indah untuk ditinggali, dermaga ini terlalu nyaman disinggahi tapi aku seperti lupa bagaimana membaca kompas dan mengibarkan kembali layar perahuku. Lalu harus bagaimana kubawa perahu kecilku? Mungkinkah harus kucoba berlayar tanpa kompas dan hanya mengikuti kemana arah aliran air laut? Seharusnya aku lebih berani saat ini.