Hari ini ditengah kesibukan aktivitas pabrik yang semakin ruwet karena kedatangan bos besar yang mendadak untuk mengobrak-abrik isi pabrik, saya mendapatkan kesegaran yang lebih dari sekedar aktivitas yang biasa lakukan. Ya, saya menemukan kembali seni dalam menjalani pekerjaan ini. Sesuatu yang sebelumnya saya pikir tidak akan saya dapatkan disini tapi justru saya mendapatkan lebih hari ini yaitu seni berorganisasi.

Seni berorganisasi, sesuatu yang dulu saya dalami ketika semasa kuliah dan saya sangat menikmatinya ternyata itu ada disini dan dekat dengan apa yang aku kerjakan selama ini. Entah mengapa saya baru menyadari ini hari tapi rasanya ini akan terlihat lebih menarik kedepannya.

Dulu saya belajar bagaimana mengelola organisasi dan ketika bekerja saya diberikan tanggung jawab mengelola proses. Awalnya saya pikir itu berbeda dan saya menjalaninya dengan cara berbeda pula tapi ternyata saya salah. Dari komponen proses yang saya kelola ternyata sangat erat dengan faktor manusia, itu artinya mengelola proses itu sama dengan mengelola manusianya juga. Sesuatu yang dulu saya pelajari dengan sangat giat sampai harus meninggalkan jam kuliah itu ternyata ada disini dan saya baru menemukanya setelah lebih dari satu tahun.

Dan hari ini saya sangat bersyukur pernah belajar banyak tentang ini dari dan di KMF FMIPA-UGM.